Assalamu'alaikum...!

Assalamu'alaikum...!

Senin, 13 Februari 2012

Sepenggal cerita di rumahNYA...!

Setelah diingat-ingat lagi sudah jarang sujud sholat ini ku tempatkan di atas karpet masjid..
Suatu ketika ku bersiap melaksanakan sholat maghrib dirumah, ada yang mengajak untuk menunaikan sholat di masjid samping rumah, seketika itu juga tersirat sebuah perenungan tentang sudah cukup lama sholatku tak ku tunaikan di masjid sekalipun jaraknya hanya dipisahkan oleh sebuah rumah dari kediamanku..
Memasuki masjid, kerinduan akan bulan Ramadhan tiba-tiba memuncak dan menari-nari. pada bulan Ramadhan, masjid ini selalu penuh dengan jama'ah.. lantunan-lantunan ayat suci selalu berkumandang.. lafalan kata 'Amin' nyaring diperdengarkan.. Anak-anak berebutan mengambil tempat untuk sholat dan masih banyak lagi..
Selesai sholat tak sengaja ku melihat jajaran kursi yang dipakai untuk sholat oleh para nenek-nenek yang sudah tidak kuat lagi rukuk bahkan sujud. Kursi itu diduduki oleh nenek-nenek yang ku kenal dan yang ku ketahui rumah-rumah mereka berada cukup jauh dari masjid sangat jauh berbeda denganku yang hanya dipisahkan oleh sebuah rumah dari masjid.
Air mata penyesalan tiba-tiba sudah berada di pelupuk mataku.. sungguh betapa sombongnya diri ini, masjid sedekat ini jarang ku kunjungi untuk melaksanakan sholat sedangkan mereka.. yaa coba lihat mereka,, nenek-nenek tua itu, sekalipun hanya bisa melaksanakan sholat dengan dibantu kursi karena sudah tidak mampu berdiri lama masih saja berusaha melaksanakan sholat di masjid, masih saja ingin menghadapMu langsung dari rumahMu.. aku saja yang masih muda, masih diberikan kesehatan, masih diberikan kekuatan olehMu kadang enggan untuk sholat di masjid sementara mereka meski raga sudah tidak sekuat dulu lagi tapi masih ingin mengunjungi masjid setiap hari bahkan setiap waktu sholat tiba.. Yaa Rabb,, hamba malu..!

Suatu ketika saat ku melaksanakan isya di masjid, sebelum memulai sholat seperti biasa kedua mata ini selalu menerawang kesana kemari, saat itu kulihat seorang ayah yang sedang memakaikan sarung kepada anak lelakinya yang kira-kira masih berusia 7 tahunan. melihat pemandangan itu rasa haruh lagi-lagi menguak. sudah lama ku tak melihat keakraban antara ayah dan anak di masjid, yang kuingat aku pernah menyaksikan kejadian seperti itu pada saat aku sering sekali mengunjungi masjid entah untuk sholat ataupun untuk belajar membaca Al-Quran. bukan hanya antara ayah dan anak saja yang kusaksikan saat itu tapi antara seorang ibu dan kedua putrinya juga yang kebetulan sholat disampingku. si ibu memakaikan mukena ke kedua putrinya dan memerintahkan putri-putrinya berdiri sejajar untuk meluruskan saf, sungguh pemandangan yang membuatku rindu saat-saat ku kecil saat dimana ibuku mulai mengenalkan dan mengajarkanku sholat.
sungguh RumahMu itu tempat semua kenangan-kenangan indah yang kumiliki terkenang kembali, atau mungkin Engkau seperti memperlihatkan semuanya hanya untuk sekedar mengingatkan kepada hambaMu yang sombong ini karena sudah jarang berkunjung ke tempatMu...

#ada harapan di hati ini untuk menghadapMu di rumahMu bersama Anak-anakku dan Ayah dari anak-anakku kelak yang sudah Engkau tuliskan di Lauful Mahfuzdku.. insyaALLAH.. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar